Jumat, 06 Maret 2009

Carakan Mesin JavaScript Opera Super Cepat

Teknologi mesin JavaScript tercepat dan portable di dunia berhasil diraih oleh Opera. Dengan menggunakan SunSpider Benchmark yang digunakan untuk melakukan test kecepatan diketahui 2,5 kali lebih cepat daripada mesin ECMAScript pada Presto 2.2 (Opera 10 Alpha) yang sudah ada sebelumnya.

"Carakan, yang berasal dari naskah asli Bahasa Jawa yang dikenal dengan Hanacaraka, adalah sebuah jawaban Opera dari berkembangnya permintaan akan aplikasi Web dan Web Surfers," ujar Country Manager Opera Indonesia Annisa N Putri, Kamis (12/2/2009).

Menurut Annisa, Carakan sudah 2,5 kali lebih cepat dibandingkan Furthark, mesin Javascript dari Opera yang digunakan saat ini. Walaupun masih dalam pengembangan, namun dalam beberapa kali percobaan menunjukkan bahwa Carakan 50 kali lebih cepat.

"Ini merupakan langkah besar bagi para pengembang aplikasi Web dimana akan memungkinkan mereka untuk menciptakan generasi aplikasi berikutnya yang hanya memerlukan sambungan koneksi Internet," tutur Annisa.

Carakan dikembangkan untuk mengurangi kode footprint dan penggunaan memori yang tidak perlu, daripada menggunakan intruksi bytecode yang berguna untuk memaksimalkan kecepatan eksekusi.


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl
Posting Komentar