Jumat, 06 Maret 2009

MAZDA KAAN UNTUK BALAPAN 2025

nilah cara panitia Los Angeles Auto Show 2008 menyelenggarakan lomba desain mobil pada tahun ini. Peserta cukup menuangkan gagasannya dalam sketsa dua dimensi. Peserta tidak sembarangan. Mereka adalah para perancang profesional yang bekerja di studio perusahaan mobil terkemuka di dunia dan membuka studio desain di sekitar Los Angeles atau Kalifornia Selatan.

Bagi panitia LA Auto Show, tahun ini merupakan lomba desain yang kelima. Temanya spesifik: “Motor Sport 2025”. Ya… masih lama, 17 tahun lagi. Para peserta adalah desainer dari studio desain perusahaan mobil terkemuka di dunia, antara lain Audi, BMW, GM, Honda, Mazda, Mitsubishi, Mercedes Benz, Toyota dan Volkswagen. Toh, akhirnya menurut para juri yang berhak dimenangkan dengan konsep inovatifnya adalah Mazda Kaan. Para perancang Mazda di Los Angeles dinilai mampu mengeksplorasi dunia motor yang masih dalam mimpin.Suatu hal yang menarik, hasil rancangan Mazda Kaan yang memenangkan lomba ini sama dengan lomba sejenis, misalnya yang diselenggarakan oleh Peugeot. Para perancang fokus pada kendaraan bertenaga listrik.


Ban Elektronik
Mazda Kaan dipilih sebagai pemenang karena dinilai berhasil memadukan inovasi dan teknologi canggih ke dalam desain. Hasilnya adalah mobil balap dengan penampilan yang benar-benar unik. Yaitu mobil balap dengan ban elektronik. Dikhayalkan, mobil ini bisa mencapai kecepatan 400 km tanpa emisi berbahaya. Mobil ini dibalapkan untuk event “One Make Race” atau satu merek.

Penilaian karya dialakukan oleh juri profesional dari bebagai disiplin desain. Kriteria pemenang ditentukan berdasarkan keaslian konsep, kreativitas dan faktor integritas untuk mengembangkan kinerja kendaraan, yaitu kecepatan, tenaga, kemampuan dan keamanan secara dramatis .

“Wawasan peserta tahun ini sangat impresif. Tim paling inovatif dan hasil yang artisitik keluar sebagai pemenang. Mereka mampu menciptakan tantangan dunia balap sekarang,” kata Chuck Pelly, direktur Design Los Angeles yang bekerja sama dengan Design Academy, Inc. “Perancang Mazda menciptakan visi 2025 yang optimistik,” tambahnya.

Tujuan dari Design Challenge adalah untuk mamacu sesama perancang studio dari pabrikan mobil yang berbasis di Los Angeles. Para perancang ternyata sangat antusias mengikuti lomba ini karena hasil karya, ide-ide baru dan bakat mereka dalam bidang otomotif akan disebarkan ke seluruh dunia. Tentunya melalui berbagai media!

alcapone-network.co.cc
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "MAZDA KAAN UNTUK BALAPAN 2025"

Posting Komentar